Cara Net Install

terkadang kita tidak sengaja lupa dengan password yang telah kita setting di mikrotik, sehingga mengakibatkan kita tidak dapat melakukan akses mikrotik tersebut, salah satu cara adalah dengan menggunakan net install, walaupun secara dari sisi software akan berdampak seluruh konfigurasi kita akan hilang, maka dari itu sebelum hal ini terjadi minimal kita sudah memiliki backup dari konfigurasi jaringan yang telah kita buat, berikut langkah - langkah yang harus kita lakukan dalam menggunakan tools net install :
  1. Download program Netinstall dari halaman http://www.mikrotik.com/download.html
  2. Download combined package routerOS dari halaman http://www.mikrotik.com/download.html, sesuaikan dengan tipe router anda dan versi yang ingin anda gunakan.
  3. Setting PC anda menggunakan IP statik. (misalnya: IP 192.168.12.19 netmask 255.255.255.0) dan tancapkan kabel ethernet dari PC anda ke port ether1 router anda.
  4. Jalankan program Netinstall dan tekan tombol Net booting, kemudian anda aktifkan / centang Boot Server enabled, lalu isikan Client IP address dengan IP yang satu subnet dengan IP statik PC anda (misalnya : 192.168.12.3) dan tekan tombol OK.
  5. Tekan tombol browse lalu pilih folder dimana anda menyimpan file *.npk yang sudah anda download di langkah ke-2. dalam kasus ini karena yang akan saya net install adalah untuk jenis RB1000 series maka packet yang digunakan adalah mipsle jika yang akan anda net install adalah jenis RB400 series atau RB750 series maka gunakan yang mipsbe
  6. Cabut power adaptor router anda
  7. Tekan tombol reset kecil yang ada di router anda, dan anda tahan.
  8. Sambil tetap ditahan, anda nyalakan power adaptornya
  9. Tunggu beberapa saat, nanti di program Netinstall anda akan muncul mac-address dari router anda.
  10. Lepaskan tombol reset, kemudian anda tekan mac-address router anda di program Netinstall dan pilih paket yang akan anda gunakan untuk instalasi (tercentang)
  11. Tekan tombol install, nanti proses instalasi akan ditampilkan di program Netinstall.
  12. Jika proses instalasi sudah selesai, tombol Install akan berubah menjadi reboot, silahkan anda tekan tombol tersebut dan proses instalasi sudah selesai.

Catatan :
  1. Jangan terlalu memaksa/kuat untuk menekan tombol reset karena bisa mengakibatkan tombol reset rusak. Jika router anda memiliki port serial, kami sarankan anda gunakan kabel serial untuk merubah boot-device ke port ethernet
  2. Proses Instalasi menggunakan netinstall akan menghapus semua konfigurasi router anda, sehingga default username=admin, password=(kosong tidak perlu diisi)

juga bisa bisa melihat videonya di sini http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=25

selamat mencoba dan happy bloging :)

Komentar

Posting Komentar

Silahkan sertakan nama bagi yang ingin berkomentar, Terima kasih..

Postingan populer dari blog ini

import address list nice mikrotik

Pengertian chain pada packet flow mikrotik

Transparent Proxy pada Hotspot Server