Minggu, 18 Maret 2012

Koneksi Internet Menggunakan USB modem dan Mikrotik

Port USB layaknya di perangkat PC, bisa digunakan untuk media storage tambahan seperti USB flashdisk. Ternyata bisa juga difungsikan sebagai interface untuk menghubungkan modem 3G/EVDO. Sehingga menjadikan perangkat Mikrotik lebih flexible dalam pemasangannya, terutama di lokasi yang belum terjangkau koneksi internet yang biasanya menggunakan kabel ataupun wireless. 
Perangkat RouterBoard yang telah support interface USB mempunyai ciri-ciri memiliki kode “U” seperti RB411U, RB411UAHR, RB433UAH,  RB751U-2HnD, RB751G-2HnD, RB750UP dan sebagainya. (Catatan: Untuk RB411UAHR dibutuhkan USB power injector untuk menghidupkan sebuah perangkat USB). 

Topologi
Dalam artikel ini akan diberikan tutorial langkah langkah dalam menggunakan fungsi port USB untuk modem, sebagai gambaran kondisi jaringan, tutorial kali ini menggunakan perangkat RouterBoard Indoor RB751U-2HnD dan modem sierra 3G 881U, dimana bentuk topologinya seperti yang ada pada gambar dibawah :
Berikut ini Beberapa langkah yang harus kita lakukan dalam konfigurasi :

IP Address
Langkah pertama kita tambahkan di router kita adalah IP Address di interface yang akan kita gunakan untuk jaringan lokal. 

Wireless Access Point
berikutnya adalah mengaktifkan interface wlan1 sebagai access point untuk distribusi koneksi wireless ke jaringan local.

DNS
Untuk setting DNS kita harus mengaktifkan parameter “allow remote request” supaya client kita bisa request DNS ke router kita. 

USB Devices
Jika IP, interface (ethernet dan wireless) dan DNS sudah dikonfigurasi, kita pasangkan 3G modem kita ke port usb di router. Hal yang perlu kita cek kembali adalah menu "/system resource usb".  
Untuk perangkat yang sudah disupport Mikrotik, biasanya akan muncul USB device baru  secara otomatis. Mikrotik juga akan membuatkan interface baru “ppp-out1”.

PPP-Out Internet Dial
Untuk memasukkan Username, Password dan APN dari provider kita, kita masukan di interface ppp-out1 yang sudah dibuat oleh Mikrotik.

NAT Masquerade
Langkah terakhir, kita harus menambahkan srcnat masquerade untuk interface ppp-out1 supaya client bisa akses ke internet.
Catatan : Pastikan bahwa modem yang anda gunakan sudah sikenali oleh OS mikrotik. Daftar lengkap Modem yang sudah dikenali oleh OS mikrotik ada di :
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Supported_Hardware#3G_cards

2 komentar:

  1. Mau minta tolong nih. Saya berencana untuk membuat VPN menggunakan mikrotik RB750 + router 3G dlink dan huawei E220. Jadi topologinya seperti berikut
    internet --- modem huawei E220 --- router 3G dlink DIR-412 --- mikrotik. Apa bisa diimplementasikan settingannya dengan topologi seperti itu, karena mikrotik hany bisa mendapat IP lokal saja tidak ip publik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo menggunakan hardware lain sepertinya agak sulit tapi klo dilihat dari referensinya untuk router 3G dlink DIR-412 di sini http://files.dlink.com.au/Products/DIR-412/Datasheet/DIR-412_datasheet_01.pdf sudah ada fitur NATnya dimana tinggal anda forward ke ip lokalnya, jika anda menambahkan mikrotik di bawahnya anda perlu menambahkan nat juga, asumsinya seperti ini, misal pada dlink sudah anda buatkan nat dari ip publik ke ip lokal yang mengarah ke ip mikrotik, tentunya anda juga sudah memasang routing statik terlebih dahulu pada ke dua perangkat tersebut, setelah anda buatkan nat semisal ke ip 192.168.12.1 port 8081 misalnya, nanti di mikrotik juga anda buat kan nat ke ip yang satu segment dengan cctv yang terhubung di mikrotik, misal anda pasang di ether 2 dengan ip 10.10.10.252 port 80, langkah selanjutnya tinggal anda nat kan lagi di mikrotiknya

      /ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=192.168.12.1 protokol=tcp dst-port=8081 action=dst-nat to-addresses=10.10.10.252 to-ports=80

      langkah tersebut bisa berjalan dengan catatan ip publik menempel sudah menempel pada perangkat anda.

      Hapus

Silahkan sertakan nama bagi yang ingin berkomentar, Terima kasih..