windows 7 + delphi + zeos + mysql

ada beberapa cara ketika kita membuat aplikasi yang terkonesi dengan database salah satunya menggunakan zeos, zeos merupakan salah satu komponen yang dapat kita instalkan pada framework delphi ketika kita akan membuat aplikasi desktop base menggunakan delphi, pernah pada saat saya tes masuk di minta membuat aplikasi tersebut, dan pada waktu itu ternyata OSnya menggunakan windows 7, karena saya belum pernah menginstall delphi pada windows seven akhirnya saya tetap menginstall, begitu saya menginstall delphi ternyata ada beberapa file yang perlu dirubah, salah satunya "delphi32.dbo" file ini perlu kita rename menjadi file yang berbeda terserah kita mau merenamenya menjadi apa, dan saya merename dengan merubah "delphi32_1.dbo" dan akhirnya freamwork ini berjalan :D, masalah kedua yang terjadi adalah ketika saya ingin meninstallkan kompnen yang namanya zeos, zeos yang saya pergunakan sebelumnya adalah versi ZEOSDBO-6.6.1-beta, dan ternyata di windows 7 tidak support :(, saya baru teringat karena pada waktu itu saya biasa membuat aplikasi dengan OS menggunakan XP, akhirnya setelah saya mencoba mencari di mbah google ternyata ada versi terbaru untuk zeos yaitu versi ZEOSDBO-7.0.0-alpha, setelah saya coba install di delphi akhirnya,, taraaaaaaaaa,,, delphi versi 7 dapat terinstall juga, berikut cara install zeos ke delphi
masuk ke peckages pilih folder delphi 7, buka file ZDBO bpg > project >compile all project > run > Zcompnentdesign.bkp > compile > install > lib di zeos (bulid) > di copykan di lib pada borland delphi, lib dari mysql > di copykan ke windows, system 32

dan untuk zeos versi ZEOSDBO-6.6.1-beta atau ZEOSDBO-7.0.0-alpha bisa didownload di link download,, selamat mencobaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

import address list nice mikrotik

Pengertian chain pada packet flow mikrotik

Transparent Proxy pada Hotspot Server