konfigurasi dasar DHCP Server mikrotik

biasanya seorang admin meninginkan client untuk mendapatkan ip secara otomatis, terlebih ketika ingin membuat konfigurasi dengan menggunakan fasilitas hotspot pada mikrotik, untuk membuat ip yang di dapat pada client adalah otomatis kita bisa menggunakan dhcp server untuk membagikan ip address ke client, berkut langkah - langkahnya :
1. buka terlebih dahulu form dhcp server melalui winbox ip --> dhcp server --. dhcp setup, dan setelah itu akan muncul form dengan tulisan dhcp server interface, untuk interface gunakan interface ethernet yang outnya menuju ke client

2. klik next untuk melanjutkkan dan akan muncul form dengan tulisan dhcp address space. isi di dalamnya akan mengikuti ip address yang telah kita tambahkan pada form ip address, untuk gambarannya seperti berikut :


3. klik next untuk melanjutkan dan akan muncul form dengan tulisan gateway form dhcp network dan biasanya akan muncul gateway sesuai dengan parameter ip address yang telah kita buat sebelumnya, seperti pada gambar berikut :
4. klik next untuk melanjutkan dan akan muncul form dengan tulisan addresses to Give out, di form tersebut akan muncul range ip address yang akan di berikan ke client, dan biasanya juga range address berdasarkan dengan prefix ip address yang telah kita buat, dari contoh berikut karena ip address yang telah kita buat 172.168.10.0/24 maka ip range yang di dapatkan 172.168.10.2 - 172.168.10.254 sedangkan untuk 172.168.10.1 telah di gunakan sebagai gateway, seperti gambar berikut ini :




5. kli next untuk melanjutkan dan setelah itu akan muncul form dengan tulisan DNS server, DNS server ini kita di sesuaikan dengan DNS yang berasal dari Gateway ISP kita, seperti pada gambar berikut :



6. klik next untuk melanjutkkan dan setelah itu akan muncul form dengan tulisan leases time seperti gambar di bawah ini, dan setelah itu klik next dan konfigurasi DHCP Server sudah selesai.



sampai dengan langkah 6 kita telah selesai membuat DHCP server pada mikrotik

selamat mencoba dan have nice dice :)

Komentar

Posting Komentar

Silahkan sertakan nama bagi yang ingin berkomentar, Terima kasih..

Postingan populer dari blog ini

import address list nice mikrotik

Pengertian chain pada packet flow mikrotik

Transparent Proxy pada Hotspot Server